Internet.org menuai kontroversi

Sumber foto di ambil dari situs en.wikipedia.org

Sumber foto di ambil dari situs en.wikipedia.org

Admin senang kalau membaca sesuatu yang berbau kontroversi-kontroversi begituan. mungkin berita kontroversi lebih pedas dan hot (memang apa bedanya pedas sama hot? dasar-dasar admin pea, ha ha ha…).

Mungkin kawan-kawan semua sudah pada tahu apa itu Internet.org? Internet.org adalah proyek yang di gagas oleh pendiri Facebook, Mark Zuckerberg. Internet.org ini menyedia internet gratis di negara-negara berkembang dan miskin, dan proyek ini sudah menyebar di beberapa negara termasuk Indonesia.

Tapi Internet.org  banyak yang menentang, jadi sebanyak 67 kelompok hak digital, termasuk i Freedom Uganda, Usuarios digitales dari Ekuador dna ICT Wacth dari Indonesia, telah menandatangani surat protes untuk Zuckberg.

Mereka mengatakan Internet.org mengacam privasi, kebebasan berekspresi, serta prinsip netralitas Internet.

“Facebook mendefinisikan  netralitas dengan tidak benar kepada publik. Sehingga kaum termiskin di dunia hanya akan dapat mengakses situs tertentu dan layanan terbatas,” bunyi surat itu.

Situs-situs gratis yang sediakan di layanan Internet.org mencakup situs Wikipedia, situs kesehatan milik UNICEF Facts for Life, BBC News, Facebook, Accuweather, dan beberapa pilihan berita lokal dan penyedia hasil pertandingan olahraga.

Untuk mengakses fasilitas ini, pelanggan harus menggunakan aplikasi Android khusus, situs Internet.org, aplikasi Facebook untuk pengguna Android, atau Browses Opera Mini

Leave a comment